Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan bercerita anak,tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui permaina boneka tangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahap-tahap perencanaan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek peneliti anak kelas B6 Taman Kanak-kanak Teladan Pertiwi Tunas Harapan Kota Bukittinggi sebanyak 20 orang, 11 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dengan persentase. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pada siklus I kemampuan bercerita anak masih rendah sedangkan pada siklus II pertemuan 3 terjadi peningkatan yaitu kemampuan bercerita anak meningkat sangat tinggi dengan tercapainya rata-rata tingkat keberhasilan KKM yang telah ditetapkan. Berarti dari hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bercerita anak melalui permainan boneka tangan. Kata kunci; bercerita, boneka tangan
Copyrights © 2015