Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura
Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Dokter Kalbar

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOM YOS SUDARSO PONTIANAK TAHUN 2015

., Anis Komala (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2016

Abstract

Latar Belakang. Puskesmas dalam alur pelayanan kesehatan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan tingkat primer sebelum pasien mendapatkan rujukan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sebagai layanan kesehatan sekunder dari pola pelayanan kesehatan berbasis BPJS Kesehatan. Tujuan. Mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kom Yos Sudarso Pontianak tahun 2015. Metodologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional, dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Responden dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS Kesehatan Puskesmas Kom Yos Sudarso Pontianak sebanyak 99 orang. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan dari 99 responden, 84 orang (84,8%) menyatakan Puas (skor >75%), dan 15 orang (15,2%) menyatakan Cukup Puas (skor 45-75%). Kesimpulan. Tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kom Yos Sudarso Pontianak Tahun 2015 dikategorikan Puas (skor rata-rata 85,80%). Kata Kunci. Puskesmas, pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan

Copyrights © 2015