Latar Belakang: Seorang mahasiswa kedokteran dituntut pada ilmu pengetahuan dan keterampilannya dalam menjalankan profesinya, juga dari segi kepribadiannya. Tipe kepribadian yang berbeda akan memunculkan respon yang berbeda pula terhadap situasi/ lingkungan akademis maupun sosial selama mahasiswa tersebut menjalani pendidikan kedokterannya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui mengetahui gambaran kepribadian pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) angkatan 2014-2015 Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (FK Untan) berdasarkan Myers Briggs Type Indicator (MBTI). Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah mahasiswa PSPD FK Untan angkatan 2014-2016 yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi kriteria ekslusi. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner Myers Briggs Type Indicator (MBTI). Hasil: Responden penelitian berjumlah 146 orang dengan tipe kepribadian ESTJ berjumlah 22 orang (15,1%), ESTP berjumlah 19 orang (13%), ESFJ berjumlah 7 orang (4,8%), ESFP berjumlah 8 orang (5,5%), ENTJ berjumlah 4 orang (2,7%), ENTP berjumlah 8 orang (5,5%), ENFJ berjumlah 2 orang (1,4%), ENFP berjumlah 5 orang (3,4%), ISTJ berjumlah 23 orang (15,8%), ISTP berjumlah 11 orang (7,5%), ISFJ berjumlah 5 orang (3,4%), ISFP berjumlah 9 orang (6,2%), INTJ berjumlah 6 orang (4,1%), INTP berjumlah 8 orang (5,5%), INFJ berjumlah 5 orang (3,4%), dan responden dengan tipe kepribadian INFP didapatkan berjumlah 4 orang (2,8%). Kesimpulan: Mahasiswa PSPD FK Untan sebagian besar memiliki tipe kepribadian ISTJ (15,8%).
Copyrights © 2018