JMARS: Jurnal Mosaik Arsitektur
Vol 3, No 2 (2015): September

KAWASAN PENDIDIKAN ISLAM TERPADU KHULAFAUR RASYIDIN KUBU RAYA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ISLAM

Misavan, Derry Feriyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Kawasan Pendidikan Islam Terpadu Khulafaur Rasyidin merupakan sebuah kawasan pendidikan yang menyediakan pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal yang tersedia mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan pendidikan non formal berupa Pondok Pesantren. Kawasan pendidikan Islam Terpadu Khulafaur Rasyidin merupakan sebuah kawasan yang menyediakan pendidikan agama Islam, aktivitas santri dan santriwati dipisah ke dua lahan yang berbeda untuk menjaga nilai Islam seperti pemisahan antara pria dan wanita. Seiring bertambahnya kebutuhan pendidikan pada kawasan serta adanya rencana penambahan fasilitas pendidikan berupa Perguruan Tinggi, maka lahan yang ditempati santriwati akan dibangun Perguruan Tinggi. Hal tersebut mengakibatkan bertemunya santri dan santriwati dalam sebuah lahan yang sama yang bisa mengakibatkan berkurangnya nilai Islam dalam kawasan sehingga diperlukan sebuah perencanaan yang dapat menjaga identitas kawasan sebagai kawasan dengan pendidikan Islam. Arsitektur Islam dapat menjadi solusi setiap perencanaan kawasan dengan penerapan nilai-nilai Islam yang menjadi konsep-konsep perencanaan kawasan. Arsitektur Islam juga dapat menambah kuat identitas kawasan sebagai sebuah kawasan pendidikan Islam.   Kata kunci: Arsitektur Islam, Kawasan Pendidikan Islam, Kawasan Pondok Pesantren

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jmarsitek

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

JMARS: Jurnal Mosaik Arsitektur (sebelumnya Jurnal Online Mahasiswa S1 Arsitektur UNTAN) adalah jurnal nasional yang berisi kumpulan naskah/ artikel hasil perancangan arsitektur yang fokus pada kegiatan "analisis dan sintesis" yang mendukung proses-proses perancangan arsitektur dan menghasilkan ...