Telah dilakukan penelitian survai terhadap mahasiswa baru Pendidikan Biologi FKIP UIR tahun ajaran 2013/2014 untuk mengetahui profil kesadaran dan strategi  metakognitifnya. Populasi penelitian adalah mahasiswa baru Pend. Biologi tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 6 kelas paralel. Sampel yang digunakan sebanyak 77% dari total populasi mahasiswa.  Dengan analisis deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa yang masuk dalam kategori Masih belum berkembang (MBB) telah tidak ada (0 %). Sebanyak 3,24% mahasiswa masuk dalam kategori belum begitu berkembang (BBB); 25,41% mahasiswa masuk ke dalam kategori mulai berkembang (MB); 62,70%  masuk ke dalam kategori sudah berkembang baik (SBB atau OK); dan 8,65% mahasiswa masuk pada kategori super atau berkembang sangat baik. Sebanyak 39,45% telah dilatihkan menggunakan strategi metakognitif dalam belajar seperti membuat ringkasan (26,5%), menggaris bawahi bacaan (8,65%),membuat peta konsep (6,48%), dan membuat jembatan keledai/ titian ingatan (1,08%). A research survey among new students of Biology Faculty of Teacher Education UIR academic year 2013/2014 to determine the profile and awareness of metacognitive strategies. The study population was a new student Pend. Biology of the school year 2013/2014 as much as 6 parallel classes. The sample used by 77% of the total student population. With descriptive analysis showed that students who fall into the category of still undeveloped (MBB) has no (0%). A total of 3.24% of students in the category of less developed (BBB); 25.41% of students fall into the category began to grow (MB); 62.70% belong to the category are well developed (SBB or OK); and 8.65% of students entered in the category of super or growing very well. A total of 39.45% has been trained in the use of metacognitive learning strategies such as preparing a summary (26.5%), underlining the reading (8.65%), create a concept map (6.48%), and create mnemonics / memory bridge (1.08%).
Copyrights © 2014