Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 7, No 9 (2018): September 2018

OPTIMALISASI LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN STMIK PONTIANAK

Yati, Emil (Unknown)
Saman, Sisilya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2018

Abstract

Abstrak Judul Tugas Akhir ini membahas tentang ?Optimalisasi Layanan Sirkulasi di Perpustakaan STMIK Pontianak?. Perpustakaan Perguruan Tinggi menjadi pusat atau sumber belajar bagi mahasiswa untuk terus mengembangkan budaya baca, dan menyediakan informasi akurat. Untuk merebut hati mahasiswa, sistem layanan harus efektif yaitu dengan cara memberikan layanan terbaik khususnya layanan sirkulasi. Demi mencapai keberhasilan sebuah perpustakaan, layanan sirkulasi perlu dioptimalisasikan, ada beberapa metode yang digunakan dalam mengoptimalkan layanan sirkulasi di Perpustaaan STMIK Pontianak. Tehnik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini diketahui dalam optimalisasi layanan sirkulasi dari segi keanggotaan, peminjaman, pengembalian, perpanjangan, pengadaan koleksi, pemberian sanksi, dan pembuatan data statistik.  Perpustakaan STMIK Pontianak optimalsasi layanan sirkulasi perlu dilakukan dalam meningkatkan mutu layanan yang efektif agar mahasiswa atau pemustaka dapat memanfaatkan bahan pustaka semaksimal mungkin yang telah disediakan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Optimalisasi layanan sirkulasi ini adalah  memberikan rasa nyaman dengan layanan yang diberikan oleh petugas perpustakaan.  Kata kunci: Optimalisasi, Layanan Sirkulasi, Perguruan Tinggi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...