Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes pada pengukuran kemampuan koneksi dan penalaran matematis melalui pemberian tes berkelanjutan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Plomp. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes. Hasil analisis data diperoleh bentuk karakteristik instrumen tes berkelanjutan pada kemampuan koneksi dan penalaran matematis. Instrumen tes berkelanjutan mempunyai karakteristik yaitu memuat 27 kata kerja operasional (KKO) tingkatan kemampuan pengetahuan taksonomi Bloom. Pengembangan instrumen tes berkelanjutan dilakukan dengan cara mengkombinasikan indikator pada KKO tingkatan kemampuan pengetahuan taksonomi Bloom dengan indikator koneksi dan penalaran matematis. Hasil pada pengukuran instrumen tes berkelanjutan menunjukkan bahwa adanya kecenderungan frekuensi jumlah siswa yang semakin menurun pada kategori sangat baik dan sebaliknya terjadi kecenderungan frekuensi jumlah siswa yang semakin meningkat pada kategori sangat kurang dalam mencapai KKO pada tes berkelanjutan serta adanya hubungan yang positif antara kemampuan koneksi dan kemampuan penalaran matematis.   Kata Kunci: Koneksi Matematis, Penalaran Matematis, Pengembangan, Tes Berkelanjutan,  Trigonometri   Abstract: This research aimed for develop the test instrument on measurement of the mathematical connections and reasoning skills through treatment of sustainable test. Form of research is the development of Plomp design. Data collection instrument that is using the form of a test. The data analysis finding of form sustainable test instrument characteristics on mathematical connections dan reasoning skills. Sustainable test instruments have characteristics which contains 27 words operational work level of knowledge by Bloom Taxonomy. Development sustainable instrument test with combining indicators of the words operational work level of knowledge by Bloom Taxonomy with indicators of mathematical connections and reasoning. The results on measurement of sustainable instrument test it shows that the tendency of frequency quantity of students that declined in the excellent category to reaching words operational work on sustainable instrument test and conversely is a the tendency frequency quantity of students that increased in the very less category to reaching words operational work on sustainable instrument test with positive correlation between mathematical connections and reasoning skills.   Keywords: Connections, Reasoning, Development, Sustainable test Trigonometry
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017