Abstrak : Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendapat informasi yang akurat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas III Sekolah Dasar Negeri 04 Doyot. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang dilakukan dengan dua siklus. Terdapat peningkatan hasil IPKG1 adalah 3,63 pada siklus1, meningkat menjadi 3,95 pada siklus 2,selisih peningkatan IPKG1 dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,32.Sedangkan hasil IPKG2 adalah 3,93 pada siklus 1,meningkat menjadi 3,98 pada siklus 2,selisih peningkatan IPKG2 dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,05. Untuk hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 73,0 meningkat menjadi 83,0 pada siklus 2 selisih peningkatan siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10,0. Dengan demikian skor rata-rata IPKG1,IPKG2,Hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus 2 di kategorikan sangat baik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif ,Picture , IPS Abstrak: The aim of this study is generally to get accurate information to improve student learning yield in social teaching in class III elementary school 04 Doyot. The method used is descriptive method. There is increased learning yield at baseline study is 40% increased to 70,0% in the first cycle, the second cycle increased to 100%. Difference improvement from the first cycle to the second cycle of 30%. Thus the average score of students learning yieldin cycle I and II are categorized very good. Keywords: Yield Learning, Kooperatif Method Picture and Picture, IPS
Copyrights © 2015