Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan profil penerapan lima (5) kawasan teknologi pembelajaran pada pelajaran Biologi di SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari teknik pengumpulan data tersebut kemudian dilakukan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran guru Biologi dan kegiatan guru mata pelajaran Biologi di SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak menerapkan lima (5) kawasan teknologi pembelajaran yang meliputi kawasan desain, kawasan pengembangan, kawasan pemanfaatan, kawasan pengelolaan dan kawasan penilaian. Kata Kunci : Kawasan Teknologi Pembelajaran, Biologi Abstract: The research objective was to describe the application of five (5) Instructional Technology areas on Biology subject in SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. The result shows that the lesson plan and the activities of Biology teachers in SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak have applied five (5) learning technology areas that include the area of ​​design, development, utilization, management and assessment. The conclusion that both of lesson plan as well as learning activities of Biology in SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak implement the areas of design, development, utilization, management and assessment. Keywords: Instructional Technology Area, Biology
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015