Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 9 (2015): SEPTEMBER 2015

PENERAPAN KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X

Adrianus, . (Unknown)
Sutrisno, Leo (Unknown)
Thamrin, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan profil penerapan lima (5) kawasan teknologi pembelajaran pada pelajaran Biologi di SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari teknik pengumpulan data tersebut kemudian dilakukan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran guru Biologi dan kegiatan guru mata pelajaran Biologi di SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak menerapkan lima (5) kawasan teknologi pembelajaran yang meliputi kawasan desain, kawasan pengembangan, kawasan pemanfaatan, kawasan pengelolaan dan kawasan penilaian. Kata Kunci : Kawasan Teknologi Pembelajaran, Biologi Abstract: The research objective was to describe the application of five (5) Instructional Technology areas on Biology subject in SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. The result shows that the lesson plan and the activities of Biology teachers in SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak have applied five (5) learning technology areas that include the area of ​​design, development, utilization, management and assessment. The conclusion that both of lesson plan as well as learning activities of Biology in SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak implement the areas of design, development, utilization, management and assessment. Keywords: Instructional Technology Area, Biology

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...