Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 12 (2015): Desember 2015

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN TERBIMBING DI KELAS 1 SD NEGERI 11 SANDAI KABUPATEN KETAPANG

Remi, Sutio (Unknown)
., Abdussamad (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Abstrak: Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah berupa data aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes individu kepada siswa. Pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa siswa kelas I SDN 11 Sandai Ketapang mengalami peningkatan keterampilan menulis mencapai 53,68% pada base line, pada siklus I menjadi 61,72% pada siklus II menjadi 71,88% dan pada siklus III menjadi 85%. Peningkatan keterampilan menulis permulaan pada siklus II disebabkan karena peneliti lebih menekankan pada penguasaan konsep dalam menulis permulaan dengan menggunakan metode latihan terbimbing. Sementara pada siklus I, peneliti belum menekankan pada penguasaan konsep. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa. Kata Kunci: Menulis Permulaan, Metode Latihan Terbimbing Abstract: The design of this study refers to the model and Mc Taggart Kemmis which consists of four components: 1) planning, 2) action, 3) observation and 4) reflection. The data collected in this study is the activity data in the form of teachers and students during the learning process which is obtained by using the observation sheet data and student learning outcomes obtained by giving individual tests to students. In the research that has been carried out, the result that the first grade students of SDN 11 Sandai Ketapang increase writing skills reached 53.68% at base line, the first cycle to 61.72% in the second cycle into 71.88% and in the third cycle become 85%. Improved writing skills beginning in the second cycle due to the researcher more emphasis on mastery of concepts in writing starters using guided exercises. While in the first cycle, researchers have not emphasized on mastery of concepts. Based on these results, it can be concluded that the application of the method of guided exercises can improve students' writing skills beginning.   Keywords: Skills Beginning, Methods Guided Exercises

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...