Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan musik klasik terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Sungai Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian eksperimen semu dan menggunakan rancangan pecobaan Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung, teknik pengukuran serta teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi langsung, butir tes dan kertas kerja dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi pemahaman siswa di kelas eksperimen lebih baik dari pemahaman siswa di kelas kontrol. Berdasarkan hasil post-test dari penelitian, rata-rata nilai post-test di kelas eksperimen 83.23 dan di kelas kontrol 75. Besar efektifitas penggunaan musik klasik terhadap pemahaman siswa adalah 0.786. Jadi dapat disimpulkan penggunaan musik klasik lebih efektif meningkatkan pemahaman siswa daripada tanpa penggunaan musik klasik.  Kata Kunci: Penggunaan Musik Klasik, Pemahaman Siswa, Ekonomi Abstract: This research aims to know the effectiveness of using classic music towards the students understanding in learning economy at tenth grade of SMA Negeri 1 Sungai Raya. The method of this research is Quasy experimental research which uses Posttest-Only Control Design. The sample of this research is 52 students. The techniques of data collecting are by using observation, test and documentation. The data collecting instruments are observation sheet, post-test and documentation sheet. Based on observation, the students’ understanding in the experimental group was better than the control group. Based on the post-test result, the average score in the experimental group was 83.23 and control group was 75. The amount of effectiveness of using classic music towards the students’ understanding was 0.786. It can be concluded that using classic music is effective to increase the student’s understanding. Keywords: Using Classic Music, Student’s Understanding, Economy
Copyrights © 2016