Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Bawari kota Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam bentuk studi hubungan. Sampel atau populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan studi dokumenter. Sedangkan untuk menganalisis data  peneliti menggunakan program statistik SPSS 16.0. berdasarkan hasil pengolahan dengan SPSS maka terdapat pengaruh antara sumber belajar terhadap hasil belajar siswa yaitu R2(R Square) = 0,038 maka dapat dinyatakan bahwa koenfisien determinasinya (KD)=R2x100% atau KD= 0,038x100%=3,8%. Dengan demikian bahwa pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 3,8% selebihnya yaitu 96,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci : Sumber Belajar , Pelajaran Ekonomi,  Hasil Belajar Abstract: This study aims to determine the effect of learning resources on learning outcomes of students of class X on economic subjects in SMA islam bawari pontianak city. The methods used in this research is deskriptive method in the from of lingkage studies. A sample or population in this study were all students of class X of 60 students. Data collection techniques using direct communication , indirect communication , and documentary studies. While to analyze research data using SPSS16.0. based on the results of processing with SPSS then there in influence between the source of learning on student learning outcomes, namely R2(R Square) = 0,038, it can be stated that koenfisien determination (KD)=R2x100% atau KD= 0,038x100%=3,8%. So that the effect of learning resources to the learning outcomes of students by 3,8% remaining 96,2% is influenced by other factors not discussed in this study. Keyword : Learning Resources, Economic lessons, Learning Outcomes
Copyrights © 2016