Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 6, No 1 (2017): Januari 2017

REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DI SMA

Ampah, Lusia Suwanti (Unknown)
Sahala, Stepanus (Unknown)
Maria S, Haratua Tiur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui remediasi miskonsepsi menggunakan model pembelajaran guided discovery berpengaruh pada penurunan miskonsepsi siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 5 Pontianak pada materi hukum Archimedes. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design dengan sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase rata-rata penurunan miskonsepsi siswa setelah diberikan remediasi sebesar 48,22%. model pembelajaran guided discovery efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa dengan kriteria effect size sebesar 3,42 (berkatagori tinggi). Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan remediasi bagi siswa agar dapat mengatasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa.   Kata Kunci: Miskonsepsi, Remediasi, Guided Discovery, fisika.   Abstract: The aims to determine the remediation of misconseption using guided discovery learing model to decline XII students miskonsepton sclence 3 SMA N 5 Pontianak on Archimedes law. This research used experimental design with one group pretest-posttest with 30 students. The result show the average percentage reduction in misconseption is 48,22%. Guided discovery lerning models is effectively to remediate misconseption with the effect size 3,42 (high category). This research expected to be uce as an alternative remediation activities by physics teacher to remediation student misconseptions. Keywords: Misconception, Remediation, Guided Discovery, physics.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...