Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan passing atas dengan media bola karet. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).  Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan siswa Sekolah Dasar Negeri 09 Singkam  di Kabupaten Sekadau yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan penelitian memberikan dampak positif pada siswa karena terdiri dari siklus I dan siklus II berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pembelajaran siklus I siswa yang baru lulus berjumlah 18 siswa atau 75% sedangkan siswa yang belum lulus berjumlah 6 siswa atau 25% maka dilanjutkan ke siklus II agar siswa  memiliki kesempatan untuk perbaikan passing atas bola voli dengan media bola karet  baru siswa bisa  lulus berjumlah 24 siswa dan belum lulus berjumlah 0 siswa.   Kata Kunci: Passing Atas Bolavoli, Bola Karet Abstract: This study aims to determine the increase in passing on the medium rubber ball . Forms of research is classroom action research ( PTK ) . In a classroom action research ( PTK ) This is the subject of this study were teachers collaborate with students of State Elementary School 09 Singkam in Sekadau amounting to 24 students . Based on the results of research carried out research have a positive impact on students because it consists of the first cycle and the second cycle of planning, implementation, observation and reflection . Learning first cycle of students who have recently graduated , amounting to 18 students or 75 % , while students who have not passed amounted to 6 students , or 25 %, then proceed to the second cycle so that students have the opportunity to repair the passing on volleyball with medium rubber ball new students can graduate totaling 24 students and amounted to 0 students not yet graduated Keywords: Passing On the volleyball, Rubber Ball
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016