Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan pekerjaan, pendidikan, penghasilan, persepsi orang tua dan jumlah anak dalam keluarga terhadap keberlangsungan pendidikan formal anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post fakto dengan studi kausal komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga F-Multifariat untuk wilk lambda variabel persepsi ( ) dan variabel jumlah anak ( ) memiliki signifikansi <0,05. Menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel bebas ( ) dan ( )  terhadap variabel terikat ( ) dan . Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.  Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan persepsi orang tua dan jumlah anak terhadap keberlangsungan pendidikan formal anak sebesar 10% dan 76%. Sedangakn hasil penelitian pada variabel  pekerjaan ( ), pendidikan ( ) dan penghasilan ( ) menunjukkan bahwa harga F-Multifariat untuk wilk lambda memiliki signifikansi >0,05 sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini berarti tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel pekerjaan ( ), pendidikan ( ) dan penghasilan ( ) terhadap keberlangsungan pendidikan formal anak. Kata Kunci: Pekerjaan, Pendidikan, Penghasilan, Persepsi, Jumlah Anak, Keberlangsungan Pendidikan Formal. Abstract: The purpose of this study was determine to the influence of employment’s significant for education, income, perception of parents and the number of children in the family to the continuity of the formal education for children. The method used in this research is ex post facto with causal comparative studies. The results showed that the value of F-Multifariat for  Wilk lambda at perception variable ( ) and the number of children variable ( ) has significance <0.05. That indicates there is any influence of the independent variables ( ) and ( ) to the dependent variable ( ) and ( . Then Ha was accepted and Ho was rejected. This means there is any a significant effect from the perception of parents and the number of children on  the sustainability formal education for children by 10% and 76%.  Whereas the results of research on variables of job ( ), variable of education ( ) and variable of income ( ) that indicates the value of the F-Multifariat to Wilk's lambda have significance> 0,05 so then Ho was rejected and Ha was accepted. This means there is no significant influence between the variable of job ( ), variable of education ( ) and variable of income ( ) to the continuity of the formal education for children.   Keywords: Job, Education, Income, Perception, The Number of Children,The Continuity of The Formal Education.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017