Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengatasi kesulitan pemahaman konseptual siswa dalam menjumlahkan pecahan sebelum dan sesudah diberikan pendekatan antisipasi didaktis di kelas VII SMP Negeri 10 Pontianak. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VII A. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan pre eksperimen equvalent time samples design. Hasil dan analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah: Pendekatan antisipasi didaktis dapat mengatasi kesulitan pemahaman konseptual siswa dalam materi operasi penjumlahan pecahan. Sebelum diberikan pendekatan antisipasi didaktis, skor pre-test NDL 52 setelah diberikan pendekatan antisipasi didaktis skor post-test NDL 90. Skor pre-test JHN 24, setelah diberikan pendekatan antisipasi didaktis skor post-test JHN 80. Skor pre-test AEM 52, setelah diberikan pendekatan antisipasi didaktis skor post-test AEM 92. Skor pre-test MTA 56, setelah diberikan pendekatan antisipasi didaktis skor post-test MTA 92. Kata kunci: Pendekatan Antisipasi Didaktis, pemahaman konseptual Abstract: the objective of the research is to describe and resolve the student difficulties conceptual understanding in summing fraction before and after the given didactic anticipation approach at VII grade SMP Negeri 10 Pontianak. Four students from VII A were being the subject of the research. The research is an analytical descriptive research with equavalent times samples design pra experiment approach. Result and data analysis of the research is: Didactic anticipation approach can resolve the student difficulties conceptual understanding in fraction summation operation material. Before given the didactic anticipation approach, pre-test score NDL 52 after given didactic anticipation approach post-test score NDL 90. Pre-test score JHN 24, after given didactic anticipation approach post-test score JHN 80. Pre-test score AEM 52, after given didactic anticipation score post-test score AEM 92. Pre-test score MTA 56, after given didactic anticipation post-test score MTA 92. Keywords: Anticipation didactic approach, conceptual understanding
Copyrights © 2016