Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol 2, No 1 (2011): Januari 2011

Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Fisika Inti

Maria.S, Haratua Tiur (Unknown)
Octavianty, Erwina (Unknown)
., Hamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2013

Abstract

Lesson Study ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil dan proses perkuliahan Fisika Inti pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Tanjungpura. Lesson Study merupakan suatu model untuk meningkatkan profesionalitas guru atau dosen dalam melaksanakan tugasnya melalui kegiatan pengkajian proses pembelajaran secara kolaboratif. Pelaksanaan Lesson Study memiliki tiga tahap yaitu : Plan (merencanakan kegiatan perkuliahan); Do (pelaksanaan perkuliahan dengan dihadiri observer); dan See (diskusi dan refleksi proses perkuliahan). Penelitian ini menerapkan perkuliahan multimodel dengan pendekatan kontekstual. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan, pelaksanaan dan refleksi perkuliahan dapat meningkatkan kualitas hasil dan proses perkuliahan. Hasil perkuliahan mahasiswa meningkat dari rata-rata 49,25 % menjadi 78,75 %. Jadi secara umum pelaksanaan Lesson Study dapat meningkatkan kualitas perkuliahan Fisika Inti pada program studi Pendidikan Fisika. Kata kunci : lesson study, fsika inti

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

PMP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JPMIPA is a journal publishing the mathematic, biology, chemistry, and physic also natural science mathematic eduacation, biology education, physic education, chemistry education, natural science ...