Indonesian Journal of Educational Studies
Vol 20, No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI

PEMBELAJARAN EFEKTIF: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING

Bahri, Arsad (Unknown)
Musmuliadi, Nurazizah (Unknown)
Palennari, Muhiddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Sinjai kelas XII IPA dimana sampel dipilih secara random sampling. Data dianalisis dengan uji ancova. Hasil analisis pengujian diperoleh signifikansi yaitu 0,008 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penggunaan lembar kerja berbasis penemuan terbimbing perlu memerhatikan karakteristik model penemuan dan kriteria pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media pembelajaran yang tepat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Insani

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Social Sciences

Description

IJES is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the world. IJES publishes any research- based articles on and about education i.e. articles ...