Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Bulukumba pada mata pelajaran fisika materi suhu dan kalor. Adapun sampel penelitian adalah peserta didik XI SMA Negeri 8 Bulukumba tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 118 orang. Instrumen penelitian yang digunakan tes pilihan ganda disertai dengan Certainty of Response Index (CRI). Hasil penelitian menggambarkan bahwa dari 118 responden yang mengerjakan item tes sebanyak 16 soal, menunjukkan persentase konsep yang mengalami Tidak paham konsep tertinggi yaitu konsep suhu 63.56%, sedangkan konsep yang mengalami miskonsepsi terbesar yaitu materi peubahan wujud 47.03, tingkat miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi suhu dan kalor sebesar 29.52% yang berada pada kategori sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018