Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika

STUDI KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA PESERTA DIDIK SMAN SE-KABUPATEN JENEPONTO

Aswar, M Arifuddin (Unknown)
Tandean, Agustinus Jarak (Unknown)
Herman, Herman (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika SMAN se-Kabupaten Jeneponto. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains. Variabel yang dimaksudkan adalah menafsirkan, meramalkan, menerapkan konsep dan mengomunikasikan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN se- Kabupaten Jeneponto, dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dari SMAN yang masing-masing terakreditasi A, B, dan C di Kabupaten Jeneponto. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Analisis deskriptif memberikan kesimpulan bahwa sekolah yang terakreditasi A memiliki keterampilan proses sains peserta didik yang lebih tinggi daripada sekolah yang terakreditasi B dan C, dan sekolah yang terakreditasi B memiliki keterampilan proses sains peserta didik yang lebih tinggi daripada sekolah yang terakreditasi C.

Copyrights © 2019