Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika

DESAIN DAN UJICOBA LKPD PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Yersi, Yersi (Unknown)
Tandean, Agustinus Jarak (Unknown)
Azis, Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas LKPD pembelajaran berbasis masalah; (2) mengetahui penilaian guru terhadap LKPD pembelajaran berbasis masalah dan (3) mengetahui presepsi peserta didik terhadap LKPD pembelajaran berbasis masalah. Subjek ujicoba penelitian ini adalah 24 orang peserta didik kelas X MIA pytagoras SMAN 11 Pangkep. Penelitian ini menggunakan pengembangan model 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket dan lembar observasi. Kriteria kelayakan LKPD dilihat dari aspek validitas dan kepraktisannya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan: (1) LKPD pembelajaran berbasis masalah yang telah didesain dan dikembangkan dinyatakan valid setelah melalui tim validator, diperoleh nilai VC (validity countent) sebesar 1; (2) penilaian guru terhadap LKPD pembelajaran berbasis masalah di peroleh hasil rata-rata 92,07 %, berada pada kategori sangat baik dan (3) presepsi peserta didik terhadap LKPD pembelajaran berbasis masalah di peroleh hasil rata-rata 81,17 %, berada pada kategori sangat baik.

Copyrights © 2019