Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 2, No 1 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PERAN STATUS SOSIOEKONOMI ORANGTUA DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK DALAM BELAJAR

Ridha, A. Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan motivasi intrinsik siswa dalam belajar ditinjau dari status sosioekonomi orangtua, dan 2) Hubungan antara penyesuaian diri dan motivasi intrinsik siswa dalam belajar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 241 siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner status sosioekonomi orangtua, skala penyesuaian diri, dan skala motivasi intrinsik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan motivasi intrinsik dalam belajar antar tingkat pendidikan ayah; 2) Tidak terdapat perbedaan motivasi intrinsik siswa dalam belajar antar tingkat pendidikan ibu; 3) Tidak terdapat perbedaan motivasi intrinsik siswa dalam belajar antar tingkat penghasilan orangtua; 4) Terdapat hubungan positif antara penyesuaian diri dan motivasi intrinsik siswa dalam belajar.Kata kunci: Motivasi Intrinsik, Penyesuaian Diri, Status Sosioekonomi

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...