Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAJENG

Arfah, Arfah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kemampuan komunikasi matematikS dan kemampuan pemahaman matematika siswa SMAN 1 Bajeng. Komunikasi matematis adalah proses interaksi sosial yang melibatkan proses pertukaran dan refleksi informasi, ide, dan pemahaman secara matematis dari seseorang kepada orang lain. Pemahaman konseptual matematika adalah pengetahuan yang melibatkan pemahaman konsep-konsep yang paling bawah dan mendasar di samping algoritma yang dijalankan dalam matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konseptual matematika diuji menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara komunikasi matematis dan pemahaman konseptual matematika siswa kelas X SMAN 1 Bajeng.  Kata kunci : Komunikasi Matematika, Pemahaman Konsep Matematika, Tes Tertulis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...