Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 2, No 1 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

KOMPARASI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR

Nurdin, Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan membandingkan efektifitas pembelajaran berbasis Creatif Problem Solving (CPS) dengan pembelajaran berbasis Realistic Mathematic Education (RME) dalam setting kooperatif dan indikator efektifitas pembelajarannya diukur dari hasil belajar matematika siswa. Rancangan penelitian ini yaitu Randomized Pre test-posttes Control Group Design dengan dua kelas eksperimen yang dipilih secara acak. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua tahun pelajaran 2013/2014. Kelas perlakuan adalah kelas XA diajar dengan Pendekatan CPS dan kelas X.B diajar dengan pendekatan RME, masing-masing kelas terdiri atas 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar materi Sistem Persamaan Linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan CPS dan pendekatan RME, (2) terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan pendekatan CPS dengan siswa yang diajar dengan pendekatan RME dan (3) hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan RME lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan CPS.Kata Kunci: Pendekatan RME, Pendekatan CPS, Efektifitas Pembelajaran.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...