Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 1, No 1 (2013): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA SMA BERORIENTASI KARAKTER

Rijal, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan modul pembelajaran berorientasi karakter siswa kelas XI SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model 4–D oleh Thiagarajan yang terdiri atas 4 tahap, yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi modul pembelajaran, validasi rencana program pengajaran, validasi respon siswa terhadap pembelajaran dan modul, dan validasi tes hasil belajar. Data uji coba dan tes hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa modul pembelajaran memenuhi kriteria efektif, yakni: (1) Hasil belajar kimia telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan persentase 84% (2) Aktivitas siswa berjalan sesuai yang diharapkan, (3) Kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori tinggi, dan (4) Respon siswa memenuhi kriteria respon positif. Berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berorientasi karakter memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kata kunci: Karakter, Modul Pembelajaran Kimia, Hasil Belajar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...