Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 7, No 2 (2019): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENERAPAN METODE DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 65 PAREPARE

Halik, Abdul (Unknown)
Israwaty, Ila (Unknown)
Monalisa, Monalisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode DRTA melalui kegiatan membaca ceritaterhadap proses belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 65 Parepare dan mengetahui pengaruh penerapan metode DRTA terhadap meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 65 Parepare. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini yaitu fokus proses dan hasil dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 65 Parepare. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II masih dalam kategori kurang (K), namun terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Sedangkan pada siklus III sudah dalam kategori baik (B). Kesimpulannya adalah penerapan metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) dapat meningkat hail belajar siswa SDN 65 Parepare

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...