Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode DRTA melalui kegiatan membaca ceritaterhadap proses belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 65 Parepare dan mengetahui pengaruh penerapan metode DRTA terhadap meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 65 Parepare. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini yaitu fokus proses dan hasil dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 65 Parepare. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II masih dalam kategori kurang (K), namun terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Sedangkan pada siklus III sudah dalam kategori baik (B). Kesimpulannya adalah penerapan metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) dapat meningkat hail belajar siswa SDN 65 Parepare
Copyrights © 2019