Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 3, No 1 (2015): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA HUMANISTIK DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM SETTING MODEL PELATIHAN INNOMATTS

Cahyaningsih, Restu (Unknown)
Asikin, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat kesesuaian antaraproses pembelajaran dengan RPP, untuk menguji apakah pendekatan PembelajaranMatematika Humanistik (PMH) dan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapatmencapai ketuntasan belajar dan apakah terdapat perbedaan antara kemampuanberpikir kreatif matematis siswa menggunakan pendekatan PMH, pendekatan PBL, danpembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN4 Semarang tahun pelajaran 2013/2014 dan secara cluster random sampling diperolehtiga sampel kelas yaitu siswa kelas VIIA dan VIIB sebagai kelas eksperimen serta kelasVIIC sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji proporsi dan uji ANAVA SatuJalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara prosespembelajaran dengan RPP.Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kedua kelaseksperimen telah mencapai ketuntasan belajar.Selain itu, terdapat perbedaan antarakemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan pendekatan PMH,pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional.Disimpulkan bahwa kemampuanberpikir kreatif matematis siswa menggunakan pendekatan PBL lebih baik daripadamenggunakan pendekatan PMH, dan pembelajaran konvensional.Kata kunci: PMH Kemampuan berpikir kreatif matematis, PBL.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...