Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Idris, Nurwahyuni (Unknown)
Fitriani, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

AL yang dideteksi sebagai penyandang Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD cenderung memiliki perilaku yang menyimpang dan sering mendapatkan keluhan dari siswa lain atas perilakunya yang mengganggu. Hal tersebut di atas terlihat bahwa keterampilan sosial memegang peranan yang penting dalam relasi antar teman maupun dengan lingkungan sekitarnya.. Penelitian ini bertujuan mengetahui lebih lanjut mengenai keterampilan sosial anak atau siswa berkebutuhan khusus (seperti penyandang tunanetra, tunadaksa, tunarungu, anak dengan bakat khusus, dan lain sebagainya) di salah satu sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di Makassar yaitu pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif . Teknik pengumpulan data yang digubakan meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi menyeluruh serta triangulasi data. Hasil peneltian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus jenis tunadaksa dan Attention Deficit Disorder (ADD) dalam melakukan interaksi dengan lingkungannya di SD Inpres Maccini Baru Kota Makassar menunjukkan hasil yang baik.Kata Kunci: Attention Deficit Disorder (ADD), Tunadaksa, SD Inpres Maccini  Baru, Anak Berkebutuhan Khusus, keterampilan Sosial

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...