Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 3, No 2 (2015): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

MENGIDENTIFIKASI AMANAT PENGGALAN CERPEN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Abidin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Bontonompo setelah menggunakan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan data yang diperoleh, hasil siswa mengalami peningkatan, dilihat dari rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I yaitu sebesar 78 sedangkan pada siklus II sebesar 90. Ditinjau dari ketuntasan individu juga meningkat dari 18 (72%) siswa pada Siklus I menjadi 25 (100%) siswa pada Siklus II. Melalui pendekatan kontekstual keaktifan siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Bontonompo mengalami peningkatan. Dilihat dari keaktifan proses yang dilakukan yaitu keaktifan fisik, mental maupun sosial menunjukkan hal baik dan meningkat. Berdasarkan data penelitian di akhir siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Bontonompo.Kata Kunci: Hasil belajar, Pendekatan Kontekstual, Mengidentifikasi Amanat Penggalan Cerpen.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...