Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik kelas VIII sekolah sistem full day school dan sistem regular pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yaitu metode kuantitatif non eksperimen menggunakan pendekatan komparatif. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar dan SMPN 27 Makassar. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII.9 SMPN 3 Makassar dan peserta didik kelas VIII.7 SMPN 27 Makassar. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa signifikansi < dari 0.05 yaitu 0.000 sehingga hasil yang diperoleh menyatakan bahwa H0 ditolak. berarti bahwa secara signifikan, ada perbedaan rata-rata prestasi belajar IPA peserta didik kelas VIII pada sekolah dengan sistem full day school dan sistem reguler.  Rata-rata prestasi belajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sistem reguler lebih tinggi dibandingkan dengan sistem full day school, dengan 88,16 pada sekolah reguler dan 72.24 pada sekolah full day school.Kata kunci: Full Day School, Prestasi Belajar, Sekolah Reguler
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018