Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 4, No 2 (2016): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT MENGINSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS GUI MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 TAKALAR

Karim, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Diklat Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI menggunakan metode inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Takalar dengan mengambil sampel dari kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus hingga diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II. Rata-rata peningkatan hasil belajar yang dilihat melalui distribusi frekuensi skor hasil belajar. Data pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas adalah 63.14, dan skor maksimum adalah 77. Sedangkan pada siklus kedua diperoleh data skor rata-rata kelas adalah 83.90 dan skor maksimum adalah 91. Maka, peningkatan hasil belajar siswa pada mata Diklat Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI dengan menggunakan Metode Inquiry dari siklus I ke Siklus II sebesar 20,76 %. Berdasarkan data tersebut maka disimpulkan bahwa Metode Inquiry pada Mata Diklat Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Takalar.Kata kunci: Inquiry, Hasil belajar, GUI

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...