Jurnal Kedokteran Brawijaya
Vol 29, No 3 (2016)

Persepsi Pasien terhadap Bauran Pemasaran Rumah Sakit dan Pilihan Rumah Sakit

retnaningtyas, sri (Unknown)
utami, endah woro (Unknown)
Hasyim, Mafrurrochim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi pasien terhadap bauran pemasaran menurut pilihan utama pasien rawat inap. Jenis penelitian deskriptif dengan sampeI 36 responden yang dipilih secara accidental sampling. Penelitian dilakukan di unit rawat inap Kelas I, Kelas II, Kelas III dan Kelas VIP di RS Syuhada' Haji selama 3 hari. Variabel yang diukur meliputi bauran pemasaran yaitu: produk, lokasi, karyawan, proses, tarif, promosi, dan lingkungan fisik serta penialaian umum dan pilihan utama pelayanan. Hasil menunjukkan persepsi positif pada bauran produk, proses, tarif, dan keahlian namun pada aspek lokasi, promosi, serta penampilan fisik dianggap kurang. Responden juga sebagian besar menyatakan rumah sakit ini sebagai pilihan utama dan menganggap pelayanan yang diberikan adalah terbaik. Tabulasi silang menunjukkan pada responden yang menjadikan rumah sakit ini sebagai pilihan utama cenderung memberikan penilaian yang lebih tinggi pada semua aspek bauran pemasaran dibandingkan yang menyatakan bukan sebagai pilihan utama. Temuan ini mengindikasikan bahwa bauran pemasaran dapat menjadi faktor yang menjadi pertimbangan pasien ketika memilih rumah sakit.Kata Kunci: Bauran pemasaran, pilihan rumah sakit, persepsi pasien

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkb

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

JKB contains articles from research that focus on basic medicine, clinical medicine, epidemiology, and preventive medicine (social medicine). ...