Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)
Vol 5, No 2 (2015)

GAMBARAN PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN QODE (QUESTIONING, ORGANIZING, DOING AND EVALUATING) PADA GURU IPA SMP DI KABUPATEN PROBOLINGGO

Irawati, Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang berisi tentang gambaran sintak model pembelajaran QODE pada guru IPA tingkat SMP di kabupaten Probolinggo. Adapun sintak dari model QODE adalah bagian dari keterampilan yang sudah dimiliki guru IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dilaksanakan pada bulan September 2015 dengan jumlah koresponden 25 guru IPA dari SMP Negeri di Kabupaten Probolinggo. Data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa angket berisi tentang pertanyaan tertulis yang merupakan bagian dari sintak model pembelajaran QODE. Hasil penelitiannya adalah keterampilan guru membimbing siswa untuk bertanya 84%, keterampilan guru membimbing siswa untuk berdiskusi 72 %, keterampilan guru membimbing siswa untuk merencanakan kegiatan eksperimen 88 %, keterampilan siswa untuk mempresentasikan hasil eksperimen 76% dan keterampilan guru mengadakan evaluasi terhadap materi 96%. Kesimpulan penelitian ini bahwa keterampilan yang sudah dikuasai oleh guru dapat dijadikan sebagai gambaran pengenalan sintak model QODE dalam pembelajaran IPA pada materi Fisika, Biologi, dan Kimia di SMP.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPFA

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) is available for free (open access) to all readers. The articles in JPFA include developments and researches in Physics Education, Classical Physics, and Modern Physics (theoretical studies, experiments, and its applications), including: Physics ...