Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2, No 3 (2018): OKTOBER 2018

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Fluida Statis Menggunakan Pendekatan Probng Prompting Learning

Iin Istiawati (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Mastuang Mastuang (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Sarah Miriam (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran materi fluida statis menggunakan pendekatan probing prompting learning. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba, yaitu kelas XI IPA 3 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Instrumen penelitian ini yaitu lembar validasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar validasi materi ajar, lembar validasi lembar kerja siswa (LKS), lembar validasi tes hasil belajar (THB), lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, THB, dan lembar penilian keterampilan proses sains (KPS). Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: 1) Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan skor rata-rata 3,3, 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis dengan rata-rata 3,7 kriteria sangat tinggi,  3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif dengan gain score 0,4 kriteria sedang, serta 4) Keterampilan proses sains siswa dalam kriteria terampil. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran materi fluida statis menggunakan pendekatan probing prompting learning yang dikembangkan dinyatakan layak diterapkan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher ...