Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 3, No 1 (2019): FEBRUARI 2019

Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Cahaya

Putri, Febriani (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Miriam, Sarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa di kelas VIII C SMP Negeri 26 Banjarmasin disebabkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk meningkatkan keterampialn proses sains siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan khusus penelitian mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, keterampilan proses sains, dan hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Tagart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus penelitian memiliki tahapan kegiatan yang meliputi perencanaan awal, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui hasil observasi dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: 1) Keterlaksanaan RPP pada siklus I ke siklus II dengan kategori baik menjadi sangat baik; 2) Keterampialn proses sains siswa secara keseluruhan pada siklus I dan siklus II memperoleh kriteria sangat baik; dan 3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 41,46% yang tuntas menjadi 80,48% yang tuntas pada siklus II sehingga dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 26 Banjarmasin.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher ...