Penelitian ini membahas tentang efektivitas produk kemas ulang informasi materi pendidikan pemakai melalui mediavideo bagi pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui sejauh mana tingkat efektivitas produk kemas ulang informasi materi pendidikan pemakai melalui mediavideo yang dimanfaatkan oleh pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metodepenelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan populasi sebanyak 1.000 dan ditariksampel menjadi 213 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Analisis datadalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media video diUPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret merupakan produk kemas ulang informasi secara efektif dapatdigunakan sebagai media pendidikan pemakai bagi pengguna di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas MaretSurakarta dengan persentase sebesar 81,78%. Uji hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil koefisien korelasiPearson Product-Moment antara variabel media video dengan variabel efektivitas produk kemas ulang informasi.Hasilnya didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan tingkat hubungan positif yang sangat kuat sebesar 0,843.Kriteria penolakan H0 adalah jika nilai signifikan á < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak karena diperoleh nilaisignifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaituproduk kemas ulang informasi materi pendidikan pemakai melalui media video efektif digunakan bagi pemustaka diUPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Copyrights © 2019