AbstrakTujuan berkomunikasi tidah hanya untuk bertukar informasi tetapi juga untuk menjaga hubungandengan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi penutur menjaga citra diri untuk tidak melukai perasaanorang lain. Salah satu tuturan yang dapat melukai harga diri lawan tutur adalah kalimat imperatif. Olehkarena itu, diperlukan suatu strategi kesantunan agar maksud tuturan imperatif dapat tersampaikan denganbaik tanpa melukai harga diri lawan tutur. Terdapat tiga permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini,yaitu bagaimana bentuk tuturan imperatif langsung, bagaimana fungsi tuturan imperatif langsung,danbagaimana strategi kesantunan tuturaan imperatif langsung dalam drama goji kara kuji made. Data yangditemukan sebanyak 1 81 data, yakni : ungkapan perintah memiliki bentuk kalimat ~nasai, ~te, ~e/ro.Ungkapan permintaan memiliki bentuk kalimat ~tekudasai,~tekure, dan~kudasai. Ungkapan permohonanmemiliki bentuk kalimat ~tekudasai dan ~kudasai. Ungkapan larangan memiliki bentuk kalimat~naidekusai. Ungkapan ajakan memiliki bentuk kalimat ~mashoo,~ou/yoo, ~masenka. Strategi Kesantunanberbahasa yang digunakan untukmengungkapkan imperatif terbagi menjadi dua, yaitu strategi kesantunanpositif terdapat empat sub strategi yang digunakan yaitu memperhatikan lawan tutur, mencari persetujuan,peserta lawan tutur berada dalam sebuah aktivitas yang sama, dan memberikan simpati kepada lawan tutur.Sedangkan untuk strategi kesantunan negatif terdapat lima sub strategi yang ditemukan yaitu permintaansecara tidak langsung konvensional, bersikap pesimis, meminimalkan unsur paksaan,memberipenghormatan dengan membuat perbedaan posisi dengan lawan tutur, dan membedakan/ mengakhirikalimat dengan kata benda.Kata Kunci: tindak tutur imperatif langsung, strategi kesantunan, strategi kesantunan positif, strategikesantunan negatif.??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????5 ??? 9 ???????????????????????????? ????????????????????? ????????????????????????????????????????????? 181 ????????????????????????5 ??? 9 ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????~?+?????? (???????)? (?????????)?????????????????????? (?????????)???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????<
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017