PROSIDING : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika
Vol 1, No 4 (2012)

LITERASI PEMBELAJARAN ASTRONOMI BERBASIS INTEGRASI SAINS, TEKNOLOGI DAN RELIGI

Melati, Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2012

Abstract

Literasi pembelajaran astronomi baik dikalangan siswa maupun mahasiswa calon guru mengalami dikotomi permasalahan pokok yakni persepsio sains astronomi sebagai sains, sains Astronomi sebagai mata pelajaran, dan sains astronomi sebagai sains lomba. Sains astronomi yang berbasis Sains, Teknologi dan  Religi diharapkan mampu mengurangi permasalahan yang ada dalam dunia sains Astronomi. Pembelajaran sains Astronomi yang selama ini diajarkan dalam ruang kelas dan laboratorium seolah terpisah dari kehidupan sehari-hari dan jauh dari nilai teknologi dan religi. Metode pembelajaran sains Astronomi yang ideal hendaknya terintegrasikan antara sains (terkait dengan mekanika benda langit), teknologi (terkait dengan software pendukung astronomi:Moon Phase,Stellarium, Irris, dsb) dan yang terakhir memberikan pendidikan karakter religi pada setiap content sains Astronomi. Artikel ini merupakan studi deskriptif studi pembelajaran sains Astronomi dan memberikan solusi dari permasalahan tersebut dengan metode perkuliahan sains Astronomi terintegrasi sebagai sains, teknologi dan religi untuk  membekali siswa maupun mahasiswa calon pendidik.Kata kunci : Metode Pembelajaran, Astronomi, Sains dan Religi

Copyrights © 2012