Paradigma
Vol 7, No 3 (2019)

RELASI KEKUATAN REVIEWER WISATA DALAM PEMASARAN VIRTUAL

EKA NUR KOMARIYAH, SITI (Unknown)
JACKY, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2019

Abstract

Fakta menarik bahwasanya review online saat ini menjadi komoditas yang bersifat komersialis. Sehingga banyak bermunculan situs website yang menampilkan review di berbagai bidang. Tidak terkecuali pada bidang pariwisata. Wisata Gunung Bromo merupakan objek wisata yang sudah go-internasional. Ironisnya tidak semua informasi wisata Gunung Bromo diberikan secara netral dalam review. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi relasi kekuatan reviewer wisata dalam dunia virtual. Serta menganalisis fenomena pemasaran virtual dalam ranah ilmu sosial. Penelitian ini mengunakan metode Online/Web 2.0 dengan prespektif analisis hacking. Data penelitian akan digali secara online (Online research methods[ORMs]). Hasil penelitian menunjukan adanya kekuasaan yang dibangun melalui statement,hastag, foto/gambar, Tag line, like, dan komentar. Jargon file yang diproduksi sebagai brand review adalah Ikon wisata JawaTimur, Golden Sunrise Indonesia, dan primadona wisata Jawa Timur. Sedangkan dinamika kekuatan pemas

Copyrights © 2019