Fakta menarik bahwasanya review online saat ini menjadi komoditas yang bersifat komersialis. Sehingga banyak bermunculan situs website yang menampilkan review di berbagai bidang. Tidak terkecuali pada bidang pariwisata. Wisata Gunung Bromo merupakan objek wisata yang sudah go-internasional. Ironisnya tidak semua informasi wisata Gunung Bromo diberikan secara netral dalam review. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi relasi kekuatan reviewer wisata dalam dunia virtual. Serta menganalisis fenomena pemasaran virtual dalam ranah ilmu sosial. Penelitian ini mengunakan metode Online/Web 2.0 dengan prespektif analisis hacking. Data penelitian akan digali secara online (Online research methods[ORMs]). Hasil penelitian menunjukan adanya kekuasaan yang dibangun melalui statement,hastag, foto/gambar, Tag line, like, dan komentar. Jargon file yang diproduksi sebagai brand review adalah Ikon wisata JawaTimur, Golden Sunrise Indonesia, dan primadona wisata Jawa Timur. Sedangkan dinamika kekuatan pemas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019