Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 7, No 3 (2018)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA SMA UNTUK MATERI ALAT OPTIK

AYU ROSDIANA DEWI, NANDAH (Unknown)
SUNARTI, TITIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2018

Abstract

Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model guided inquiry dapat meningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi alat optik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true eksperimen dengan desain control grup pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kedamean MIA I dan MIA 3.Pengumpulan data penelitian mengunakan metode tes, angket, obevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian mengunkan uji t dua pihak dan satu pihak. Hasil data analisis diketahui bahwa nilai uji t dua pihak dan uji t satu pihak terdapat perbedaan yang signifikan, dari uji t satu pihak menunjukan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil dua data disimpulkan bahwa model pembelajaran quided inquiry mampu mningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Kata kunci: literasi sains, model pembelajaran guided inquiry

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...