Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 7, No 3 (2018)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS CORE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

SYUKRON AMRULLOH, MOHAMMAD (Unknown)
SUPRAPTO, NADI (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2018

Abstract

Penelitian pengembanganibahan ajar yang telah dilakukan di SMA Negeri 16 Surabaya dengan subjek penelitian yakni peserta didik kelas X-IPA 3 dan X-IPA 4 bertujuan untuk menguji kelayakan bahan ajar fisika yang ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, serta menguji keterbacaan dan pengaruh penggunaan bahan ajar Fisika CORE untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi momentum dan impuls. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, dokumentasi penelitian, observasi, dan test tertulis. Langkah percobaan sesuai dengan tahapan ADDIE. Sehingga hasil data penelitian diambil dari tahapan ADDIE yakni: (1) Tahap Analysis menghasilkan persentase kebutuhan bahan ajar sebesar 85,16%; (2) Tahap Design menghasilkan validasi perangkat pembelajaran dengan persentase validitas 80,59%; (3) Tahap Development menghasilkan bahan ajar Fisika yang telah dilakukan validasi instrumen kelayakan,keterbacaan, dan pengaruh bahan ajar Fisika CORE terhadap hasil belajar menghasilkan persentase validitas 81,80%; (4) Tahap Implementation menghasilkan penilaian hasil belajar sebesar 87,84; (5) Tahap Evaluation menghasilkan kenaikan hasil belajar mendapatkan kriteria tinggi 74,88% melalui uji gain ternormalisasi, keterbacaan bahan ajar dengan nilai rata-rata 88,42 melalui tes rumpang, penilaian kepraktisan sebesar 95,55% melalui angket kendala dan keterlaksanaan, dan keefektifan mendapatkan respon positif sebesar 84,66% melalui angket respon peserta didik. Hasil pada semua tahap tersebut dapat dinyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan dapat digunakan untuk meningatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, model pembelajaran CORE, dan hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...