Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 8, No 2 (2019)

KETERLAKSANAAN CASE BASED LEARNING (CBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENALARAN ILMIAH DI SMA NEGERI 1 PUNCU

ASTIKA WATI, DEVIAN (Unknown)
SUNARTI, TITIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran Case Based Learning (CBL) di SMA Negeri 1 Puncu. Jenis penelitian ini pre-experimental dengan desain one-grup pretest-posttest menggunakan 2 kelas replikasi dan 1 kelas implementasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran dengan skala Likert. Skor rata-rata yang diperoleh dari jumlah seluruh skor keterlaksanaan pembelajaran dikonversikan ke kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas yaitu kelas replikasi 1, replikasi 2 dan implementasi memperoleh nilai persentase berturut-turut yaitu 91%, 90% dan 90% dalam kategori sangat baik. Kendala yang dihadapi adalah peserta didik belum terbiasa dengan pembelajaran CBL yang berorientasi analisa pada kasus fisika untuk meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah sehingga perlu waktu ditingkatkan lagi. Kata Kunci : Keterlaksanaan Pembelajaran, Case Based Learning (CBL)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...