Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 8, No 2 (2019)

PROFIL PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA SUB MATERI GERAK JATUH BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST

RAHAYU, PUJI (Unknown)
HARIYONO, EKO (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penguasaan konsep siswa pada sub materi gerak jatuh bebas dengan menggunakan four tier diagnostic test. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan mix method tipe embedded. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kedungadem, Bojonegoro, Jawa Timur pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian 50 siswa kelas x. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis profil penguasaan konsep siswa pada sub materi gerak jatuh bebas yang diperoleh dengan mengacu pada kombinasi jawaban four tier diagnostic test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami miskonsepsi dengan persentase 40,67%. Hasil penelitian menunjukkan siswa juga mengalami paham sebagian konsep sebesar 26,67%, tidak paham konsep sebesar 16,67%, tidak dapat dikodekan sebesar 0,67%, serta paham konsep sebesar 15,33%. Faktor penyebab miskonsepsi yang dialami siswa adalah rendahnya pemahaman konsep siswa serta penggunaan metode mengajar guru yang tidak tepat. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa profil penguasaan konsep siswa pada sub materi gerak jatuh bebas tertinggi adalah pada kategori miskonsepsi. Kata kunci : profil penguasaan konsep siswa, four tier dagnostic test, gerak jatuh bebas

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...