PAUD Teratai
Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016

PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS MEDIA SEDOTAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL POLA ANAK KELOMPOK A

Indah Lestari, Dwi Indah (Unknown)
Setyowati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2016

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh metode pemberian tugas berbasis media sedotan terhadap kemampuan mengenal pola anak kelompok A. Populasi penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan tabel penolong wilcoxon match pairs test dan hasilnya Thitung= 0, sedangkan Ttabel= 52, yang berarti Thitung < Ttabel (0 < 52). Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pemberian tugas berbasis media sedotan terhadap kemampuan mengenal pola anak kelompok A. Kata kunci : Metode pemberian tugas berbasis media sedotan, Kemampuan mengenal pola   Abstract This quantitative research aims to study the existence of the effect of the method of giving straw media based task to the ability of recognizing pattern on the children of group A. Population of the research was students of group A with the amount of 20 children. Data was collected by using observation and documentation techniques. Data obtained in this research then was analyzed using wilcoxon match pairs test and the result is T calculated = 0 and T table = 52. It means T calculated < T table  (0<52). Based on the result of the research it can be concluded that the method of giving straw media based task has significant effect to the ability of recognizing pattern on the children of group A. Keywords: The method of giving straw media based task, Ability of   recognizing  pattern.

Copyrights © 2016