PAUD Teratai
Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016

PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK MELALUI MEDIA DADU GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A

Fatihah, Nurul (Unknown)
Widayati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2016

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi anak melalui media dadu gambar. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Alif berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan adanya  peningkatan kemampuan literasi sebesar 31% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa media dadu gambar dapat meningkatkan kemampuan literasi anak. Kata kunci : Kemampuan Literasi, media Dadu gambar, Anak usia dini.   Abstract This classroom action research aims to determine the increase in the literacy skills of children through the medium dice image. The subjects were children in group A kindergarten Alif, was 18 children. Data collection techniques used in this study was the observation made peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using qualitative descriptive analysis. The results showed an increase in the literacy skills of 31% based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle, it can be concluded that the media image of the dice can improve the literacy skills of children. Keywords: Ability literacy, Media dadu pictures, Early childhood.

Copyrights © 2016