Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif melalui bermain peran makro. Subjek penelitian adalah anak kelompok A 2TK Tunas Cendekia Mojokerto tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa ekspresif melalui bermain peran makro 22,23% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bermain peran makro dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anakkelompok A2TK Tunas Cendekia Mojokerto. Kata Kunci : Bahasa Ekspresif, Bermain peran makro. Abstract This classroom action research aims to improve expressive language skills through role play macros. The subjects were children in group A 2 TK Tunas Scholar Mojokerto academic year 2015/2016 the number of students 12 children. Data collection techniques used in this study was the observation made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results showed an increase in expressive language skills through role play macro 22.23% based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle. From the above description, it can be concluded that playing the role of macro can improve expressive language skills in children in group A2 TK Tunas Scholar Mojokerto. Keywords: Expressive Language, Playing the role of the macro.
Copyrights © 2016