PAUD Teratai
Vol 5, No 3 (2016): Volume 5 No. 3 Edisi Yudisium September 2016

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPRESI ANAK MELALUI KEGIATAN MENYANYI ANAK USIA 3-4 TAHUN

YULIANAH, IKA (Unknown)
Widayati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ekspresi anak melalui kegiatan menyanyi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Nur Azizah Mojokerto dengan jumlah 8 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan ekspresi anak melalui kegiatan menyanyi sebesar 50% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan menyanyi dapat meningkatkan ekspresi anak pada anak usia 3-4 tahun di KB Nur Azizah Mojokerto. Kata Kunci: Ekspresi, Menyanyi   Abstract This classroom action research aims to improve the ability of expression of the child through singing activities . Subjects were children aged 3-4 years in KB Nur Azizah Mojokerto with number eight children consisting of 3 boys and 5 girls. Data collection techniques used in this study was the observation made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process . Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis . The results showed an increase in expression of the ability of children through singing activities by 50 % based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle . From the description above , it can be concluded that the activity can increase the expression of children singing in children aged 3-4 years in KB Nur Azizah Mojokerto . Keywords: Expression, Singing

Copyrights © 2016