Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri  melalui media gelang karet. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Puri Mojokerto dengan jumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan berkomunikasi lisan melalui bermain peran mikro sebesar 16 % berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media gelang karet dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri  pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Puri Mojokerto. Kata Kunci : Bentuk geometri, Media gelang karet.   Abstract  This classroom action research aims to improve the ability to recognize shapes of geometry through the medium of a rubber band. The subjects were children in group A in TK Dharma Wanita Puri Mojokerto with the number of 15 children consisting of 8 boys and 7 girls. Data collection techniques used in this study was the observation made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results showed an increase in oral communication through role play micro of 16% based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle. From the above description, it can be concluded that the rubber wristband media can improve the ability to know the geometry of the children in group A in TK Dharma Wanita Puri Mojokerto. Keywords: geometry, Media rubber bands
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016