PAUD Teratai
Vol 4, No 2 (2015): Volume 4 No 2 Edisi Yudisium Mei 2105

PENGARUH PERMAINAN PERMATA TERSEMBUNYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HUDA SURABAYA

Andini Permata Sari, Rahel (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2015

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh permainan permata tersembunyi dengan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Al-Huda Surabaya yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tabel penolong Man-Whitney U-Test dengan rumus Uhitung <Utabel. Jika Uhitung lebih kecil dari Utabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Uhitung=37,5 dan Utabel untuk N=15 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 56 maka Uhitung <Utabel (37,5<56). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan permata tersembunyi terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Al-Huda Surabaya. Kata kunci:Kemampuan berbicara, Permainan permata tersembunyi Abstract This research quantitative to know is there hidden gem game with speaking ability skills of children aged 4-5 years. The subject of this children aged 4-5 years in TK Al-Huda Surabaya research is 30 children. Techniques of collecting data are using observation and documentaion. Technique of data analysis using Man-Whitney U-Test Ucount <Utable formula. If Ucount is smaller than Utable, then Ho is rejected and Ha accepted. Based on result of data analysis obtained Uhitung =37,5 and Utable for N = 15 with 0,05 significant level equal to 56, hence Ucount <Utable (37,5<56). The data shows Ho rejected and Ha accepted. Conclusion of research indicate that there is effect of lesson hidden gem game to speaking ability skill of children age 4-5 years at Kindergarten Al-Huda Surabaya.  Keywords: Speech ability, Hidden gem game

Copyrights © 2015