PAUD Teratai
Vol 7, No 1 (2018): Vol 7 no 1 Edisi Yudisium Mar 2018

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN BUNYI HURUF MELALUI MEDIA PAPAN PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH 65 SURABAYA

KUSUMAWATI, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang  peningkatan kemampuan menyebutkan bunyi huruf vokal (a, i, u, e, dan o) dan  huruf konsonan (p, b, t, d, m, dan j)  melalui media papan pintar pada anak kelompok B. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelmpok B di TK Aisyiyah 65 Surabaya yang berjumlah 16 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan  observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif yaitu analisis refleksi berdasar siklus. Hasil penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 68,75% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89,06%, aktivitas anak pada siklus I sebesar 64% meningkat menjadi 85,93% pada siklus II. Rata-rata kemampuan menyebutkan bunyi huruf pada siklus I tingkat perkembangannya  memperoleh  persentase sebesar 45,31% dan siklus II meningkat dengan persentase 87,49%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa  media papan pintar dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan bunyi huruf vokal (a, i, u, e, dan o) dan  huruf konsonan (p, b, t, d, m, dan j) anak kelompok B TK Aisyiyah 65 Surabaya. Kata kunci: Menyebutkan Bunyi Huruf, Media Papan Pintar   ABSTRACT Action Research This class aims to obtain a description of the improvement of the ability to mention vowel sounds (a, i, u, e, and o) and consonants (p, b, t, d, m, and j) through smart board media in children group B. Subjects in this study were children B group in Kindergarten Aisyiyah 65 Surabaya, amounting to 16 children. Data collection techniques use observation and documentation. Techniques of data analysis using descriptive statistics that is the analysis of reflection based on the cycle. The result of this research on cycle I teacher activity showed percentage 68,75% then in cycle II increased to 89,06%, activity of child at cycle I equal to 64% increased to 85,93% in cycle II. The average ability to mention the sounds of letters in the first cycle of development rate obtained a percentage of 45.31% and cycle II increases with 87.49% percentage. Based on the above description it can be concluded that the smart board media can improve the ability to mention the vowel sounds (a, i, u, e, and o) and consonants (p, b, t, d, m, and j) children B group Kindergarten Aisyiyah 65 Surabaya. Keywords: Mentioning Sounds of Letters, Smart Board Medium

Copyrights © 2018